Profil Pembaca


Usia

Pembaca Jawa Pos didominasi orang-orang muda berusia produktif, yaitu sebanyak 63% berusia 20 – 40 tahun. Angka pembaca muda Jawa Pos (7%) juga merupakan yang tertinggi di koran seluruh Indonesia.


Gender

Secara kuantitas pembaca laki-laki koran Jawa Pos memang lebih banyak. Namun secara presentase, apabila dibandingkan, presentase pembaca perempuan Jawa Pos lebih banyak daripada presentase pembaca perempuan koran lain.

Pekerjaan

Hampir tidak ada dominasi kalangan tertentu dalam profil pembaca Jawa Pos. White collar (jabatan tertinggi hingga profesional manager) hampir sebanding dengan blue collar (pekerja strata bawah), menunjukkan Jawa Pos dibaca semua golongan. Angka pembaca siswa juga merupakan bukti bahwa pembaca muda Jawa Pos sangat kuat. Tak ada koran lain di Indonesia yang punya pembaca siswa sebanyak Jawa Pos (11%).  

Status Ekonomi

Pembaca Jawa Pos mempunyai daya beli yang baik. Sebagian besar merupakan kalangan menengah dan menengah ke atas. Kualitas ekonomi Pembaca Jawa Pos cukup prospektif. Perbandingan pembaca kalangan atas dan menengah 6:4.
 

0 comments: