Informasi Iklan advertorial - CSR

Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Advertising dan Editorial.Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.
Jenis -jenis Advertorial

Jenis advertorial dibedakan berdasarkan materi pesan yang disampaikan dalam penulisannya.Berikut adalah beberapa jenis advertorial:
  1. Advertorial produk. Dalam penulisannya, membahas mengenai produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat.
  2. Advertorial jasa. Dalam penulisannya, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak.
  3. Advertorial korporat (perusahaan). Dalam penulisannya, membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
  4. Advertorial pemerintahan. Dalam penulisannya, membahas mengenai aktivitas di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.

Sifat -sifat Advertorial (Komunikasi Bisnis)
  • Informatif : bersifat memberitahukan atau memperkenalkan produk, jasa, dan kegiatan yang ditawarkan. Advertorial informatif ini menggunakan gaya penulisan langsung (straight news).
  • Eksplanantif : bersifat menjelaskan dan menguraikan produk, jasa, dan kegiatan secara langsung.
  • Interpretif : bersifat menginterpretasikan informasi atas produk, jasa, dan kegiatan yang dilakukan dengan memberikan sejumlah komentar atau keterangan.
  • Persuasif : bersifat membujuk khalayak untuk mengikuti apa yang dikehendaki penulis.
  • Influentif : bersifat mendorong adanya aksi dari khalayak dan mengarahkan timbulnya tindakan.
  • Memuji : Bersifat memberikan pujian atas informasi yang diberikan agar khalayak menjadi tertarik.
  • Argumentatif : bersifat membuktikan sesuatu dengan pemberian argumen dan uraian-uraian analitis.
  • Eksporatif : bersifat mengungkap dan menjelaskan secara mendalam informasi yang diberikan pada khalayak. Lebih menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana.
Tujuan dan Fungsi
Advertorial merupakan salah satu bentuk periklanan yang ada di media massa dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistik. Tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya. Fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa (http://id.wikipedia.org/wiki/Advertorial)


Penulisan advertorial sama dengan penulisan jurnalistik, dengan menggunakan sistem 5W+1H yang strukturnya terdiri dari:
  1. Pembuka (Intro). Pada bagian pembuka, advertorial mempunyai fungsi untuk menarik perhatian pembaca terhadap artikel tersebut. Penulisan intro dapat menggunakan gaya bahas naratf, deskriptif, pertanyaan, epigram, kutipan, atau sapaan.
  2. Tubuh karangan merupakan bagian isi dari advertorial itu. Tubuh karangan menceritakan secara mendetail informasi yang ingin disampaikan dalam advertorial tersebut.
  3. Penutup karangan berupa kllimaks dari isi advertorial tersebut. Klimaks dapat berupa kejutan, pertanyaan, pernyataan, atau kesimpulan.
  4. Struktur penulisan dapat menggunakan piramida terbalik (dengan titik utamanya terletak pada bagian pembuka), struktur piramida biasa (titik utamanya terletak di akhir), dan struktur kronologis (menceritakan berdasarkan urutan waktu).
  5. Jembatan penulisan yang diharapkan bisa menjaga kesinambungan informasi yang diberikan mulai dari bagian pembuka sampai bagian penutup.


 
Data Media
Bahasa
:
Indonesia
Terbit
:
Setiap pagi, 7 hari selama seminggu

Ukuran Kolom dalam mmk (Mili meter Kolom)

1 kolom
2 kolom
3 kolom
4 kolom
5 kolom
6 kolom
7 kolom
43
90
137
184
231
278
325

CORPORATE IMAGAE / CSR / LIPUTAN EVENT - NASIONAL


Ukuran
Harga
3KOLOM
3 Kol x 260mm
20.000.000
4 KOLOM
4 Kol x 260mm
27.800.000
½ HALAMAN
7 Kol x 260mm
57.000.000
1 HALAMAN
7 Kol x 525mm
104.000.000

Ketentuan :
1) Untuk Iklan Khusus Pemerintahan dan politik Jatim hanya berlaku pemerintahan, DPC, DPD, Partai politik Jatim
2) Pembayaran Lunas Sebelum Pemuatan
3) Isi / Materi harus berbeda walaupun topiknya sama.
4) Untuk 3 Kolom dan 4 Kolom tidak di izinkan menggunakan Foto lebih dari1 dalam 1 Materi
5) Insert Foto tidak di ijinkan
6) Materi harus di terima redaktur selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal muat (H-3)
7) Apabila materi diterima 1 hari sebelum tanggal tayang (H-1) maka ediitng sepenuhnya menjadi hak dari redaktur.
8) Layout desain menjadi hakl penuh redaktur.
9) Harga belum termasuk PPN 10%

PEMBATALAN
1) Pembatalan order maksimal 3 hari sebelum pemuatan.
2) Apabila tidak mengikuti aturan tersebut di atas, pemasang ikalan akan dikenakan biaya 25% dari harga Sesuai kontrak.

0 comments: